Gangguan Kesehatan Akibat Dari Merokok

tips kesehatan

tips kesehatanMerokok masih menjadi aktivitas keseharian yang dilakukan oleh sebagian orang baik pria dan wanita. Para pecandu rokok bukan hanya datang dari kaum laki-laki saja, namun wanita pun banyak yang merokok. Padahal sudah sangat jelas bahwa merokok dapat mengganggu kesehatan, khususnya bagi para wanita akan sangat berbahaya bagi rahim dan berpotensi menyebabkan kemandulan. Ada banyak sekali bahaya merokok yang dapat mengancam tubuh Anda. Meski demikian, namun tetap saja masih banyak perokok dan bahkan merokok dengan intensitas yang sangat sering. Sederet gangguan kesehatan dapat terjadi pada tubuh seorang perokok aktif, karena rokok mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya yaitu lebih dari 4.000 bahan kimia berbahaya.

Dampak Buruk Merokok Bagi Kesehatan

Tidak hanya berbahaya untuk perokok itu sendiri, namun asap rokoknya pun sangat berbahaya bagi para perokok pasif karena dapat meningkatkan risiko penyakit bagi perokok. Meskipun perokok pasif hanya terpapar oleh asap rokok, namun sama bahayanya dengan perokok pasif. Nikotin yang terkandung di dalam rokok dapat menyebabkan adiksi atau kecanduan. Maka dari itu tak heran jika sekali merokok maka ia akan kecanduan.  Jika semakin banyak merokok, maka akan semakin tinggi tingkat kecanduan serta berpotensi mengakibatkan penyakit berbahaya. Berikut ini dampak buruk dari merokok, yaitu:

  1. Menyebabkan penyakit kanker paru, kanker tenggorokan
  2. Menyebabkan kanker kandung kemih
  3. Menyebabkan penyakit diabetes
  4. Menyebabkan hipertensi
  5. Menyebabkan stroke
  6. Menyebabkan kulit jadi cepat keriput
  7. Menyebabkan gangguan kehamilan bagi para wanita perokok
  8. Menyebabkan disfungsi ereksi

Tidak hanya gangguan seperti diatas saja akibat dari merokok, tetapi masih ada beberapa persoalan medis yang diakibatkan dari kebiasaan merokok seperti, masalah kesuburan, dapat membuat asma semakin, terjadi radang saluran pernapasan, risiko mengalami degenerasi makula (hilangnya penglihatan yaitu dengan langkah yang bertahap) lebih tinggi. Merokok pun dapat menyebabkan penyakit katarak, dapat menimbulkan noda di gigi serta gusi. Jika Anda ingin terhindar dari masalah-masalah tersebut ada baiknya Anda jangan pernah merokok. Dan bagi para perokok sebaiknya kurangi intensitas merokok Anda.

Related posts: